11 Syarat Mendaftar SIUP Rumah Jogja bagi Pelaku Usaha Dagang

Syarat Mendaftar SIUP Rumah Jogja

Sepanjang tahun 2016-2017, rumah Jogja sering dijadikan markas bagi para pelaku usaha dagang. Khususnya untuk UKM atau Usaha Kecil Menengah. Di artikel ini memang tidak membahas tentang UKM, tetapi pelaku usaha dagang yang berpotensi mencemari lingkungan. Biar usaha lancar, maka harus daftar SIUP. Apa saja syaratnya?

  1. Fotokopi KTP

Dalam segala perizinan, KTP harus selalu tersedia. Tidak mengapa kalau belum jadi. Silakan lapor ke Polsek tempat Anda berdomisili, teruskan ke kantor Kelurahan, dan lakukan proses terakhir di kantor kecamatan. Nanti akan diberikan surat pengganti KTP yang sah dalam beberapa hari. Kalau Anda warga Bantul, maka harus datang sendiri atau tidak diwakilkan.

  1. Dokumen untuk Mengelola Lingkungan

Apakah Anda masih cukup asing dengan jenis dokumen ini? Berdasarkan UUPPLH, pasal 1 butir 35, tertanda 32/tahun 2009 mengatakan, bahwa setiap orang yang hendak mendirikan usaha harus sudah melalui izin. Surat ini bernama UKL-UPL yang dikhususkan untuk pengusaha besar yang memiliki amdal.

  1. Denah Area Usaha

Syarat berupa denah area usaha ini memiliki tujuan agar pihak yang mengizinkan dapat gambaran lengkap. Harap ketika membuat denahnya itu harus presisi. Tidak boleh antara deskripsi denah dengan kenyataan itu tidak sama. Denah ini nantinya diserahkan bersamaan dengan KTP dan dokumen lainnya.

Kalau Anda tidak bisa membuat denah, bisa minta tolong seorang yang ahli desain grafis. Katakanlah seperti desainer yang menggunakan program kerja Corel Draw atau Photoshop. Ahli desain grafis di Yogyakarta sangat mudah ditemui. Soalnya Jogja itu terkenal dengan seninya, termasuk seniman grafis.

  1. Fotokopi Akta Pendirian Usaha

Tidak hanya untuk kelahiran seorang bayi, dalam mendirikan usaha juga ada aktanya. Tentu saja akta di sini tidak boleh dimanipulasi dengan tekni apa pun. Wajib terdaftar secara hukum dan disahkan oleh negara agar tidak terjadi kerancuan. Biar usaha yang berpusat di rumah jogja sebagai markas Anda selalu aman dan nyaman.

  1. Fotokopi IMB

Tentu saja penyertaan IMB juga harus diiringi dengan SHM sebagai bukti kalau Anda tuan tanahnya. Tidak hanya usaha dagang dalam skala besar, dalam UKM juga wajib memiliki IMB. Nanti kalau dokumen lainnya sudah terkumpul, Anda tinggal daftarkan ke unit service Dinas Perizinan yang terdekat dengan rumah Anda. Tidak akan terlalu susah, kok.

  1. Surat Pernyataan Tidak Keberatan Atas Usaha Bersama

Dokumen berupa surat pernyataan ini khusus untuk Anda yang mendirikan usaha bersama orang lain. Barangkali rumah tersebut milik Anda. Tetapi untuk mendirikan usaha dagang tentu butuh modal besar. Termasuk urusan tanah yang ternyata hasil patungan. Dengan fakta ini, maka Anda harus bikin surat pernyataan yang ditandatangani kedua belah pihak.

  1. Diketahui oleh Pemangku Desa

Jangan dulu pergi ke Dinas Perizinan, tetapi harus izin dan diketahui dulu oleh pemangku desa. Mulai dari RT, RW, Kades, sampai Camat. Nanti Anda akan diberi berkas dokumen dan baru boleh disertakan dalam pengajuan SIUP ke Dinas Perizinan. Tanpa ini, pengajuan Anda tidak akan disetujui.

  1. Surat Izin Masalah atau HO

Surat HO ini berisi tentang pernyataan bahwa usaha yang Anda tekuni tidak mengganggu lingkungan setempat. Izin ini berdasarkan UU RI No. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Selain itu, juga ada Perda yang juga mengatur tentang Retribusi Izin Gangguan tadi. Bikin saja surat izin ini di kantor pemerintahan kabupaten tempat Anda.

  1. Surat Kuasa

Demi kelancaran usaha dagang di rumah Jogja yang sudah terbeli, harus ada surat kuasa, khususnya yang tidak bisa mengurus SIUP sendiri. Berbeda dengan KTP yang tidak bisa diwakilkan. Untuk mengurus bikin surat kuasa ini, maka Anda butuh notaris agar semuanya lancar tanpa harus turun tangan sendiri.

  1. Stopmap Snelhecter

Sejauh ini, penggunaan stopmap snelhecter juga disyaratkan dalam pengajuan SIUP. Adapun macam-macam stopmap antara lain ada stopmap folio, snelhecter, folder, hanging folder, dan ordner. Ciri stopmap ini punya penjepit yang berada di tengah map. Map ini juga tidak memiliki daun penutup seperti pada umumnya. Jadi harus dilubangi dengan perforator.

  1. Surat Kepemilikan Tanah atau SHM

Sebagaimana yang sudah disinggung sedikit di poin nomor 5, syarat SHM juga menjadi poin utama dalam pengajuan SIUP. Dalam pembelian rumah, biasanya sudah disertakan SHM oleh para pengembang. Akan tetapi, ada juga yang hanya dilengkapi dengan HGB alias Hak Guna Bangunan yang bersifat sementara.

Setelah lengkap, maka ajukan ke Dinas Perizinan. Nanti Anda akan mendapatkan penetapan retribusi. Setelah itu, pemohon akan dipanggil untuk membayar SIUP serta mengambil izinnya. Kalau sudah punya SIUP, hati pun lebih tenang. Kalau memang Anda hendak mendirikan usaha dagang besar, minimal rumah Jogja yang dibeli itu harus strategis.