6 Kesalahan Fatal Saat Renovasi Rumah

Kesalahan Fatal Saat Renovasi Rumah

Renovasi rumah memang merupakah salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan di rumah. Meski tidak secara rutin, namun masih dapat dikatakan cukup sering dilakukan. Renovasi tidak melulu dilakukan dengan cara besar-besaran seperti penambahan ruang baru, pembangunan lantai dua rumah, dan lain-lain. Beberapa perubahan yang dilakukan di dalam rumah juga termasuk renovasi. Misalnya pengecatan dinding, penggantian keramik, perbaikan atap, perbaikan saluran air, dan lain-lain. Semuanya harus sudah Anda siapkan dengan matang supaya hasilnya bisa sesuai dengan rencana awal. Tetapi, di antara persiapan tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, dalam renovasi rumah terkadang sering ditemukan beberapa kesalahan yang cukup fatal terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika Anda sudah mengetahuinya sebelum melakukan renovasi rumah. Simak beberapa kesalahan di bawah ini supaya Anda tidak melakukannya!

Tambahan Ruang

Rumah yang berukuran kecil, tidak selalu sempit. Sempit atau tidaknya suatu ruangan adalah tergantung bagaimana Anda bisa memanfaatkan ruangan dengan baik. Selagi melakukan perubahan di dalam rumah, Anda juga dapat membuat ruangan tambahan agar penyimpanan bisa lebih maksimal. Misalnya dengan menata ulang penempatan perabotan agar Anda bisa meletakkan beberapa lemari atau rak baru yang ukurannya sesuai. Kebanyakan orang tidak bisa memanfaatkan renovasi untuk sekaligus membuat rumah jadi lebih lega. Kuncinya adalah Anda harus bisa merencanakan peletakan perabotan dengan baik.

Perlindungan

Saat sedang renovasi, ada banyak benda-benda berukuran besar yang cukup berbahaya bagi keselamatan Anda dan keluarga. Karena itu, jika sedang melakukan renovasi yang cukup besar, lebih baik Anda dan keluarga menghindari ruangan atau daerah tersebut. Bahkan, jika memang memungkinkan, lebih baik jika Anda tidak menempati rumah tersebut untuk sementara waktu. Jika hanya renovasi kecil, pastikan segala sesuatunya berjalan dengan aman. Gunakanlah pelindung agar tetap aman. Sediakan juga beberapa obat-obatan atau peralatan P3K agar Anda tetap terlindungi walau dalam keadaan darurat.

Utamakan Kualitas

Anda tentu sudah tahu bahwa kualitas akan sebanding dengan harga. Jika Anda ingin rumah Anda memiliki kualitas yang baik, tentu risikonya adalah uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Perlu diingat bahwa rumah merupakan aset berharga yang akan huni tidak dalam waktu yang singkat. Jangan mudah tergoda dengan harga-harga bahan bangunan yang murah dengan kualitas yang buruk. Apalagi tergoda dengan jasa kontraktor yang sangat murah dan tidak profesional. Anda harus memastikan bahwa setiap material yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Kontraktor yang digunakan juga harus berkualitas dan profesional dalam bidangnya.

Lakukan Survei

Sekarang memang zaman semakin canggih dengan berkembangnya teknologi. Ada begitu banyak kemudahan yang ditawarkan. Misalnya Anda bisa dengan mudah memesan material ataupun perabotan-perabotan secara online. Setelah Anda melakukan pembayaran, maka barang tersebut akan dikirim langsung ke rumah Anda. Meski Anda dapat dengan mudah mengecek beberapa inspirasi desain kamar, dapur, dan rumah, maupun melihat-lihat di katalog yang sudah disiapkan, rasanya tidak lengkap jika tidak melihat secara langsung. Karena itu, kunjungilah toko bahan bangunan dan melihat-lihat secara langsung material yang akan digunakan oleh Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa kecewa. Perlu Anda ingat, memang sangat wajar jika ada beberapa perbedaan antara katalog yang ditawarkan dengan barang aslinya. Datangilah secara langsung ke toko agar nanti hasilnya bisa sesuai dengan ekspektasi Anda.