Ciri-Ciri Kontraksi akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Ciri-Ciri Kontraksi akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Secara umum ciri ciri kontraksi tidak dapat dilihat oleh siapa pun melainkan hanya dapat dirasakan olah ibu hamil itu sendiri. Ternyata ada beberapa ciri khusus kontraksi yang menandakan bahwa Anda akan segera melahirkan. Apa saja sih ciri kontraksi tersebut? Berikut beberapa ciri kontraksi sebagai tanda akan melahirkan dalam waktu dekan yang perlu untuk diperhatikan.

Keluarnya Air Ketuban Secara Tiba-tiba

Keluarnya cairan dalam jumlah banyak seperti air dapat menjadi indikasi dan gejala bahwa Anda akan segera melahirkan. Pecahnya air ketuban tersebut menjadi pertanda bahwa janin dalam kandungan ibu hamil harus segera dilahirkan. Pasalnya jika tidak segera dikeluarkan janin dalam kandungan akan mengalami kematian akibat air ketuban ibu hamil yang sudah mengering.

Nyeri dan Pegal pada Bagian Panggul dan Pinggang

Waspadalah ketika Anda sudah mengalami ras nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah dan bukan pada bagian rahim. Pasalnya rasa nyeri dan pegal pada bagian panggul dan pinggang yang tak kunjung hilang dapat menjadi indikasi bahwa Anda akan segera melahirkan. Rasa nyeri yang timbul ini biasanya terjadi akibat ciri-ciri kontraksi dan Anda harus segera menghubungi dokter.

Bagian Atas Perut Terasa Kosong

Pada wanita yang sudah memasuki masa kehamilan tua biasanya perut bagian atas mereka akan terasa kosong. Mengapa demikian? Pasalnya hal ini terjadi akibat si janin sudah mulai bergerak dan menempatkan dirinya ke jalan keluarnya. Pada keadaan ini sang janin sudah benar-benar berada di pintu ibu hamil dan sudah siap untuk melakukan kontraksi.

Pergerakan Janin Sudah Mulai Melambat

Sebelum janin bersiap untuk lahir, biasanya mereka akan melakukan banyak pergerakan unik yang jarang diketahui oleh ibu hamil. Namun ketika mendekati proses persalinan pergerakan janin sudah mulai jarang dan melambat. Pasalnya dalam kondisi ini bayi sedang sibuk mempersiapkan dirinya ke jalan lahirnya dan akan segara melakukan kontraksi yang menyebabkan rasa nyeri yang hebat.

Frekuensi Buang Air Besar Meningkat

Pada masa trimester ketiga, frekuensi buang air kecil ibu hamil akan lebih meningkat. Mengapa demikian? Pasalnya dalam keadaan seperti ini bayi sudah berada pada posisi jalan lahirnya. Keinginan buang air kecil secara terus menerus tersebut disebabkan karena kepala janin menekan daerah kandung kemih ibu hamil.

Perut Terasa Kaku dan Keras

Pada trimester terakhir masa kehamilan, biasanya perut ibu hamil akan terasa kaku dan keras yang akan membuat ibu hamil merasa kurang nyaman untuk berdiri ataupun tidur. perut yang keras dan kaku tersebut diakibatkan karena janin sudah bersiap untuk mempersiapkan dirinya ke jalan lahirnya. Itulah alasan mengapa perut ibu hamil terasa kaku dan keras saat masa kehamilan tua.

Nah, di atas merupakan beberapa ciri-ciri kontraksi yang menandakan bahwa Anda akan segera melewati proses persalinan. Apabila Anda sudah merasakan beberapa gejala dan tanda-tanda di atas, maka segera persiapkan diri Anda untuk menjalani proses persalinan. Lamanya proses persalinan sendiri juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan ibu hamil itu sendiri.