Perbedaan dan Kesamaan Sablon Digital dengan Sablon DTG

Perbedaan dan Kesamaan Sablon Digital dengan sablon DTG

Hai sobat, kali ini akan membahas perbedaan-perbedaan pada sablon digital dan sablon DTG. Hal hal apa sih yang membedakan antara kedua jenis sablon atau print kain tersebut? Kalau Anda penasaran, yuk disimak sampai habis mengenai perbedaan dan kesamaan membedakan antara kedua jenis sablon atau print kain tersebut.

Kesamaan pada Sablon Digital dan Sablon DTG

  1. Definisi Sablon Digital dan Sablon DTG

Sablon digital adalah proses penyablonan yang memanfaatkan teknologi dari mesin pentransfer panas untuk mencetak sebuah gambar mapun tulisan pada kaos berbahan kain atau media lainnya seperti keramik, mug, dan piring.

Sablon DTG atau Direct To Garment adalah teknik penyablonan yang menggunakan alat khusus, yaitu printer khusus yang dapat mencetak tinta langsung ke kaos. Teknik ini menggunakan tinta khusus yaitu tinta tekstil. Hal tersebut membuat tinta dapat langsung diaplikasikan ke kaos.

  1. Desain

Desain dengan menggunakan sablon digital, ukuran paling besar yang umum dapat digunakan untuk mencetak adalah ukuran kertas A4 (21 x 19.7 cm), hal tersebut dikarenakan mesin press yang umumnya ada di pasaran baru bisa untuk ukuran tersebut.

Untuk desain dengan menggunakan desain DTG, biasanya berdasarkan besarnya alat printing yang digunakan. Dimana desain itu akan dicetak secara langsung di bawah head printer atau kepala printer dan dengan menggunakan software khusus.

Perbedaan pada Sablon Digital dan Sablon DTG

  1. Kualitas Hasil Sablon

Sablon digital dan sablon DTG memiliki kualitas yang sama, yaitu relatif. Anda tidak bisa mengatakan bahwa lebih bagus sablon digital atau sablon DTG. Semua hal tersebut bergantung kepada bagaimana pengrajin atau tukang sablon itu sendiri dan bahan baku yang digunakan.

  1. Proses Pengerjaan

Pada proses pengerjaan, sablon digital dan sablon DTG membutuhkan waktu yang lebih cepat. Menggunakan sablon digital maupun sablon DTG, untuk mengerjakan satu lusin desain dapat diselesaikan dengan waktu 1 jam saja.

Oleh karena itu, dalam segi orderan dengan tanpa minimal order atau dapat memesan satuan. Hal tersebut yang sering dimanfaatkan oleh produsen untuk menjual jasa sablon digital maupun DTG karena konsumen tidak diharuskan untuk memesan dalam jumlah banyak.

  1. Penggunaan Media Cetak

Sablon digital menggunakan kertas sebagai media yang digunakan. Kertas transfer ini menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari sablon digital. Bagus atau tidaknya hasil sablon, awet atau tidaknya sablonan dipengaruhi oleh kertas tersebut.

Sablon DTG tidak menggunakan media kertas seperti sablon digital.jadi, sablon DTG itu di mana media tersebut akan langsung dicetak di bawah kepala printer. Dalam prosesnya, menggunakan software khusus. DTG yaitu dimana media akan dicetak langsung dibawah head printer (kepala printer), dengan software khusus.

Nah, sudah paham kan apa saja yang membedakan sablon digital dan sablon DTG? Jadi Anda lebih memilih menggunakan jenis sablon yang mana nih? sepertinya sama saja ya, karena sama-sama cepat dan bagus. Buat Anda yang bingung di mana jasa yang menyediakan jasa print kain atau sablon, yuk kunjungi polos.co.id sekarang juga, bisa print pattern juga lho.